1.Dari bujukan hingga komunikasi
Berawal dari
Stimulan yang merupakan masukan proses perilaku dibedakan atas rangsangan
pemasaran dari pemasar dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu sendiri.
Sedangkan proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor personal maupun
sosial konsumen. Respons perilaku konsumen dapat dijadikan faktor yang dapat
membentuk keputusan pembelian (yaitu pembelian selanjutnya) atau tidak
melakukan pembelian (menolak produk yang ditawarkan).
Rangsangan
pemasaran dari pemasar yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen
yaitu seluruh kegiatan pemasaran yang meliputi bujukan hingga komunikasi
mengenai produk tertentu yang ditawarkan. Para pemasar dapat melakukan kegiatan
yang dapat dijadikan teknik modifikasi perilaku konsumen. Berbagai teknik modifikasi
yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen adalah melalui beberapa
aspek pemasaran yang meliputi aspek produk, aspek harga, dan aspek promosi.
2. Teknik modifikasi perilaku
Modifikasi
perilaku menunjuk kepada teknik mengubah perilaku, seperti mengubah perilaku
dan reaksi seseorang terhadap suatu stimulus melalui penguatan perilaku adaptif
dan/atau penghilangan perilaku maladaptif melalui hukuman. Istilah ini pertama
kali digunakan oleh Edward Thorndike pada tahun 1911 dalam artikelnya
Provisional laws of acquired behavior or learning.
Eksperimen
psikologi klinis menggunakan istilah
modifikasi perilaku untuk merujuk pada teknik psikoterapi khususnya untuk
meningkatkan perilaku adaptif dan menghilangkan yang maladaptif. Dua istilah
lain yang berhubungan adalah terapi perilaku dan analisis perilaku. Dalam hal
ini, beberapa penulis, menganggap bahwa modifikasi perilaku cakupannya lebih
luas.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar